E-KTP Diusulkan Berlaku Seumur Hidup

JAKARTA, KOMPAS.com – Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau e-KTP diusulkan berlaku seumur hidup agar bisa menghemat anggaran negara. Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi diharapkan menerapkan usulan itu agar menjadi catatan sejarah dalam kepemimpinannya.

“Kalau Mendagri mau membuat sejarah dalam pemerintahannya, harus ada keberanian untuk menerapkan e-KTP seumur hidup,” kata anggota Komisi II DPR Nurul Arifin kepada wartawan, Kamis (28/6/2012).

Nurul mengatakan, target penerbitan e-KTP hingga 2012 mencapai 172 juta lembar. Biaya penerbitan satu lembar e-KTP sebesar Rp 4.586. Dengan demikian, jika e-KTP sebanyak 172 juta itu berlaku seumur hidup, maka pemerintah bisa menghemat sekitar Rp 788,9 miliar yang harusnya dikeluarkan per periode penerbitan.

Meski demikian, Nurul mengingatkan bahwa, jika usulan itu disepakati semua pihak, maka Undang-Undang Nomor 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan perlu direvisi terlebih dulu. Dalam Pasal 64 UU itu diatur masa berlaku KTP hanya 5 tahun. KTP seumur hidup hanya diberikan kepada warga berumur 60 tahun.

Politisi Partai Golkar itu optimistis pemerintah bisa merampungkan pendataan hingga pencetakan 172 juta e-KTP hingga akhir tahun 2012. Berdasarkan data dari Kemendagri, perekaman sudah mencapai 101.575.236 warga hingga 26 Juni 2012. Dengan demikian, tersisa sekitar 71 juta warga yang belum terdaftar.

“Saya optimistis pemerintah dapat mengejar targetnya karena ini juga pertaruhan mereka. Datanya kan juga akan digunakan sebagai data pemilih Pemilu 2014 ,” ujar Nurul.

Editor :
Laksono Hari W

Instal Windows7 pake Flash Disk

Mungkin teman – teman ada yang lagi pingin install windows 7? kalo tutorial install windows 7 lewat dvd memang banyak. Tapi gimana kalo kita punya software nya aja dan flashdisk, gak punya dvd? Gimana cara install windows 7 dengan flashdisk? Nah, ini Aroel berikan trik dan tutorial install windows 7 lewat flashdisk. Semoga bisa membantu.

Yang perlu disiapkan:

  • flashdrive (flashdisk) min 4gb
  • daemon tool / virtual drive buat mount *.iso win7 / dvd win 7
  • cmd vista / win7 . kalo xp flash drivenya ga kedetect

lalu, buka cmd > run as administrator

PART 1

ketik

diskpart

untuk liat ada disk apa aja ketik

list disk

Nanti keliatan ada disk apa aja. Kemudian pilih flash disk ente dengan asumsi disk 1 adalah flashdisk kita.

select disk 1

hapus semua data dan konfigurasi pada flashdisk dengan mengetik

clean

Kemudian buat partisi baru

create partition primary

karena cuma bikin 1 partisi, langsung pilih partisi tadi

select partition 1

lalu aktifkan dengan

active

setelah itu, format dengan filesystem NTFS

format fs=NTFS

mount partisi tersebut

assign

keluar dari diskpart

exit

PART 2

pindah ke drive yg mount dvd windows 7; asumsikan drive g:

g:

cd g:boot

install bootsector ; asumsikan i: drive flashdisk

bootsect /nt60 i:

stelah itu, kopi semua file yg ada di drive yg mount dvd win 7 tadi.

nb: tidak bisa dipakai buat repair boot windows 7 yg rusak, nanti boot flashdrive nya juga malah rusak.

Selesai deh. Dengan begitu kita bisa menginstall windows 7 seperti biasa.

SUBHANALLAH Ayat Suci Al-Quran Dalam Kromosom Manusia

Seorang ilmuwan yang penemuannya sehebat Gallileo, Newton dan Einstein yang berhasil membuktikan tentang keterkaitan antara Alquran dan rancang struktur tubuh manusia adalah Dr. Ahmad Khan. dia adalah lulusan Summa Cumlaude dari Duke University . Walaupun ia ilmuwan muda yang tengah menanjak, terlihat cintanya hanya untuk Allah dan untuk penelitian genetiknya. Ruang kerjanya yang dihiasi kaligrafi, kertas-kertas penghargaan, tumpukan buku-buku kumal dan kitab suci yang sering dibukanya, menunjukkan bahwa ia merupakan kombinasi dari ilmuwan dan pecinta kitab suci.

Salah satu penemuannya yang menggemparkan dunia ilmu pengetahuan adalah ditemukannya informasi lain selain konstruksi Polipeptida yang dibangun dari kodon DNA. Ayat pertama yang mendorong penelitiannya adalah Surat “Fussilat” ayat 53 yang juga dikuatkan dengan hasil-hasil penemuan Profesor Keith Moore ahli embriologi dari Kanada. Penemuanny tersebut diilhami ketika Khatib pada waktu salat Jumat membacakan salah satu ayat yang ada kaitannya dengan ilmu biologi.

Bunyi ayat tersebut adalah sebagai berikut:

“…Sanuriihim ayatinaa filafaaqi wa fi anfusihim hatta yatabayyana lahum annahuul-haqq…”

Yang artinya; “Kemudian akan Kami tunjukkan tanda-tanda kekuasaan kami pada alam dan dalam diri mereka, sampai jelas bagi mereka bahwa ini adalah kebenaran”.Hipotesis awal yang diajukan Dr. Ahmad Khan adalah kata “ayatinaa” yang memiliki makna “Ayat Allah”, dijelaskan oleh Allah bahwa tanda-tanda kekuasaanNya ada juga dalam diri manusia. Menurut Ahmad Khan ayat-ayat Allah ada juga dalam DNA (Deoxy Nucleotida Acid) manusia. Selanjutnya ia beranggapan bahwa ada kemungkinan ayat Alquran merupakan bagian dari gen manusia.

Dalam dunia biologi dan genetika dikenal banyaknya DNA yang hadir tanpa memproduksi protein sama sekali. Area tanpa produksi ini disebut Junk DNA atau DNA sampah. Kenyataannya DNA tersebut menurut Ahmad Khan jauh sekali dari makna sampah. Menurut hasil hasil risetnya, Junk DNA tersebut merupakan untaian firman-firman Allah sebagai pencipta serta sebagai tanda kebesaran Allah bagi kaum yang berpikir. Sebagaimana disindir oleh Allah; Afala tafakaruun (apakah kalian tidak mau bertafakur atau menggunakan akal pikiran?).

Setelah bekerjasama dengan adiknya yang bernama Imran, seorang yang ahli dalam analisis sistem, laboratorium genetiknya mendapatkan proyek dari pemerintah. Proyek tersebut awalnya ditujukan untuk meneliti gen kecerdasan pada manusia. Dengan kerja kerasnya Ahmad Khan berupaya untuk menemukan huruf Arab yang mungkin dibentuk dari rantai Kodon pada cromosome manusia. Sampai kombinasi tersebut menghasilkan ayat-ayat Alquran. Akhirnya pada tanggal 2 Januari tahun 1999 pukul 2 pagi, ia menemukan ayat yang pertama “Bismillahir Rahman ir Rahiim. Iqra bismirrabbika ladzi Khalq”; “bacalah dengan nama Tuhanmu yang menciptakan”. Ayat tersebut adalah awal dari surat Al-A’laq yang merupakan surat pertama yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad di Gua Hira.

Anehnya setelah penemuan ayat pertama tersebut ayat lain muncul satu persatu secara cepat. Sampai sekarang ia telah berhasil menemukan 1/10 ayat Alquran. Dalam wawancara yang dikutip “Ummi” edisi 6/X/99, Ahmad Khan menyatakan: “Saya yakin penemuan ini luar biasa, dan saya mempertaruhkan karier saya untuk ini. Saya membicarakan penemuan saya dengan dua rekan saya; Clive dan Martin seorang ahli genetika yang selama ini sinis terhadap Islam.

Saya menyurati dua ilmuwan lain yang selama ini selalu alergi terhadap Islam yaitu Dan Larhammar dari Uppsala University Swedia dan Aris Dreisman dari Universitas Berlin . Ahmad Khan kemudian menghimpun penemuan-penemuanny a dalam beberapa lembar kertas yang banyak memuat kode-kode genetika rantai kodon pada cromosome manusia yaitu; T, C, G, dan A masing-masing kode Nucleotida akan menghasilkan huruf Arab yang apabila dirangkai akan menjadi firman Allah yang sangat mengagumkan.

Di akhir wawancaranya Dr. Ahmad Khan berpesan “Semoga penerbitan buku saya “Alquran dan Genetik”, semakin menyadarkan umat Islam, bahwa Islam adalah jalan hidup yang lengkap. Kita tidak bisa lagi memisahkanagama dari ilmu politik, pendidikan atau seni. Semoga non muslim menyadari bahwa tidak ada gunanya mempertentangkan ilmu dengan agama. Demikian juga dengan ilmu-ilmu keperawatan. Penulis berharap akan datang suatu generasi yang mendalami prinsip-prinsip ilmu keperawatan yang digali dari agama Islam. Hal ini dapat dimulai dari niat baik para pemegang kebijakan (decission maker) yang beragama Islam baik di institusi pendidikan atau pada level pemerintah. Memfasilitasi serta memberi dukungan secara moral dan finansial.

TERBUKANYA TABIR HATI AHLI FARMAKOLOGI THAILAND
Profesor Tajaten Tahasen, Dekan Fakultas Farmasi Universitas Chiang Mai Thailand, baru-baru ini menyatakan diri masuk Islam saat membaca makalah Profesor Keith Moore dari Amerika. Keith Moore adalah ahli Embriologi terkemuka dari Kanada yang mengutip surat An-Nisa ayat 56 yang menjelaskan bahwa luka bakar yang cukup dalam tidak menimbulkan sakit karena ujung-ujung syaraf sensorik sudah hilang. Setelah pulang ke Thailand Tajaten menjelaskan penemuannya kepada mahasiswanya, akhirnya mahasiswanya sebanyak 5 orang menyatakan diri masuk Islam. Bunyi dari surat An-Nisa tersebut antara lain sebagai berkut;

“Sesungguhnya orang-orang kafir terhadap ayat-ayat kami, kelak akan kami masukkan mereka ke dalam neraka, setiap kali kulit mereka terbakar hangus, kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain agar mereka merasakan pedihnya azab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagiMaha Bijaksana.”

Ditinjau secara anatomi lapisan kulit kita terdiri atas 3 lapisan global yaitu; Epidermis, Dermis, dan Sub Cutis. Pada lapisan Sub Cutis banyak mengandung ujung-ujung pembuluh darah dan syaraf. Pada saat terjadi Combustio grade III (luka bakar yang telah menembus sub cutis) salah satu tandanya yaitu hilangnya rasa nyeri dari pasien. Hal ini disebabkan karena sudah tidak berfungsinya ujung-ujung serabut syaraf afferent dan efferent yang mengatur sensasi persefsi. Itulah sebabnya Allah menumbuhkan kembali kulit yang rusak pada saat ia menyiksa hambaNya yang kafir supaya hambaNya tersebut dapat merasakan pedihnya azab Allah tersebut.

Mahabesar Allah yang telah menyisipkan firman-firmannya dan informasi sebagian kebesaranNya lewat sel tubuh, kromosom, pembuluh darah, pembuluh syaraf dsb. Rabbana makhalqta hada batila, Ya…Allah tidak ada sedikit pun yang engkau ciptakan itu sia-sia.

DARI BAHTERA MENUJU ISLAM
Seorang pakar kelautan menyatakan betapa terpesonanya ia kepada Alquran yang telah memberikan jawaban dari pencariannya selama ini. Prof. Jackues Yves Costeau seorang oceanografer, yang sering muncul di televisi pada acara discovey, ketika sedang menyelam menemukan beberapa mata air tawar di tengah kedalaman lautan. Mata air tersebut berbeda kadar kimia, warna dan rasanya serta tidak bercampur dengan air laut yang lainnya.

Bertahun-tahun ia berusaha mengadakan penelitian dan mencari jawaban misteri tersebut. Sampai suatu hari bertemu dengan seorang profesor muslim, kemudian ia menjelaskan tentang ayat Alquran Surat Ar-Rahman ayat 19-20 dan surat Al-Furqon ayat 53. Awalnya ayat itu ditafsirkan muara sungai tetapi pada muara sungai ternyata tidak ditemukan mutiara. Terpesonalah Mr. Costeau sampai ia masuk Islam. Kutipan ayat tersebut antara lain sebagai berikut:

Dan dialah yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan, yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit; dan dia jadikan antar-keduanya dinding dan batas yang menghalang (QS Al-Furqon: 53).

Berdasarkan contoh kasus di atas, dapat memberikan gambaran pada kita bahwa ayat suci Alquran mampu menjelaskan fenomena Cromosome, Anatomi, Oceanografi, Keperawatan dan antariksa (baca “Jurnal Keperawatan Unpad” edisi 4, hal 64-70).

Sebenarnya masih banyak ayat- ayat Alquran yang menerangkan fenomena evolution and genetic seperti QS As-Sajdah 4, QS al-A’raf 53, QS Yusuf 3, QS Hud 7, tetapi karena keterbatasan ruangan pada kolom ini, serta dengan segala keterbatasan ilmu dan pengetahuan yang dimiliki penulis, maka kepada Allah jualah hendaknya kita berharap dan hanya Allah-lah yang Mahaluas dan Mahatinggi ilmunya.

Bukti Al-Quran Bukan Buatan Manusia

Al-Qur'anul kariim

Al-Quran adalah kalam Allah yang merupakan sebuah Mu’jizat yang diturunkan kepada Nabi akhir jaman Muhammad . Tidak ada yang menandingi keindahan bahasa Al-Quran dan keindahan ketika kita melantunkan Al-Quran. Banyak orang yang hatinya tergetar jika di bacakan ayat-ayat Al-Quran, sehingga kemudian dia mendapatkan risalah kebenaran. Al-Quran adalah satu-satunya kitab yang terjaga keasliannya walau telah diturunkan 14 abad yang lalu akan tetapi tetap terjaga dalam satu Bahasa dan satu huruf yang terangkai didalamnya.

Banyak usaha-usaha yang di lakukan oleh orang-orang kafir untuk memalsukan Al-Quran, namun usaha itu selalu kandas dan sia-sia. Al-Quran yang berjumlah 30 juz, 112 surat, 6666 ayat dan 51.900 kata itu dengan mudah di hafalkan oleh orang-orang yang beriman dan mempunyai hati yang bersih.

Al-Quran adalah sumber ilmu yang tidak pernah ketinggalan zaman bahkan selalu mendahului zaman, karena kebenarannya baru terbukti ketika zaman sudah mampu menciptakan tekhnologi mulai dari ilmu matetamtika, Biologi, kedokteran,fisika,kimia,bahasa, sejarah dll, segala ilmu telah terbukti sebelum ditemukan alquran telah menafsirkan dan menuliskannya. Keajaiban lain dari Al-Quran yang tak kalah mencengangkan adalah bahwa Al-Quran ternyata tersusun menurut perhitungan Matematis yang sangat teliti dan sangat cerdas !!
Berikut ini sejumlah perhitungan yang benar-benar merupakan mukjizat.

Kata “Yaum” (hari) dalam bentuk tunggal disebutkan sebanyak 365 kali, yang sama jumlahnya dengan jumlah hari pada tahun Syamsyiyyah
Kata “Yaum” (hari) dalam bentuk jamak sebanyak 30 kali, sama dengan jumlah hari dalam satu bulan
Kata “Syahr” (Bulan) sebanyak 12 kali, sama dengan jumlah bulan dalam satu tahun.
Kata “Sab’u (minggu) disebutkan 7 kali, sama dengan jumlah hari dalam satu minggu
Jumlah “Saah” (jam) yang didahului dengan “Harf” sebanyak 24 kali, sama dengan jumlah jam dalam satu hari
Kata “Sujud” disebutkan 34 kali, sama dengan jumlah rakaat dalam sholat 5 waktu
Kata “Shalawat” disebutkan 5 kali, sama dengan jumah sholat wajib sehari semalam
Kata “Aqimu” yang diikuti kata “Shalat” Sebanyak 17 kali, sama dengan jumlah rakaat shalat fardhu.
Kata “al-Dunya” disebutkan sebanyak 115 kali, begitu juga kata “al-Akhirah” sebanyak 115 kali
Kata ” al-Israf” disebutkan 23 kali, begitu juga kata kebalikannya “al-Sur’ah”
Kata “Malaikat” disebutkan 88 kali, kata kebalikannya “al-Syayathin” juga 88 kali
Kata “al-Sulthan” disebutkan 37 kali, kata kebalikannya “al-Nifaq” juga 37 kali
Kata “Harb” (panas) sebanyak 4 kali, kebalikannya “al-Bard” (dingin) juga 4 kali
Kata “al-Harb” (perang) sebanyak 6 kali, kebalikannya “al-Husra” (tawanan) 6 kali
Kata “al-Hayat” (Hidup) sebanyak 145 kali, kebalikannya “al-Maut” (mati) 145 kali
Kata “Qalu” (mereka mengatakan) sebanyak 332 kali, kebalikannya “Qul” (katakanlah) juga sebanyak 332 kali
Kata “al-Sayyiat” (keburukan) yang menjadi kebalikannya kata “al-Shahihat” (Kebajikan) masing-masing 180 kali
Kata “al-Rahbah” (cemas/takut) yang menjadi kebalikan kata “al-Ragbah” (harap/ingin) masing-masing 8 kali
Kata “al-Naf’u” yang menjadi kebalikan kata “al-Fasad” masing-masing 50 kali
Kata “al-Nas” yang menjadi kebalikan kata “al-Rusul” masing-masing 368 kali
Kata “al-Asbath” yang menjadi kebalikan kata “al-Awariyun” masing-masing 5 kali
Kata “al-Jahr” yang menjadi kebalikan kata “al-Alaniyah” masing-masing 16 kali.Masih banyak lagi, yang tidak dapat disebutkan satu-persatu
Sekarang lakukan perhitungan sebagai berikut :

Dengan mencari persentase jumlah kata “bahr” (lautan) terhadap total jumlah kata (bahr dan barr ) kita dapatkan : (32/45) x 100 % = 71.1111111%

Dengan mencari persentase jumlah kata “barr (daratan) terhadap total jumlah kata (bahr dan barr) kita dapatkan : (13/45) x 100 % = 28.888888889 %Kita akan mendapatkan bahwa Allah SWT. Dalam Al-Quran pada 14 abad yang lalu menyatakan bahwa persentase air di bumi adalah 71.11111111 %, dan persentase daratan adalah 28.8888888889, dan ini adalah rasio yang riil dari air dan daratan.
Itulah sebagian kecil keajaiban dan kemukjizatan Al-Quran. Keajaiaban yang lain merupakan misteri yang akan insyaAllah akan dipecahkan oleh orang-orang yang berilmu.

Seorang ahli biokimia berkebangsaan Amerika keturuna Mesir dan seorang ilmuwan Muslim, Dr. Rashad Khalifa, adalah orang yang pertama yang menemukan sistem matematika pada desain Al-Quran. dia memulai meneliti komposisi Matematik dari Al-Quran pada tahun 1968, dan memasukka Al-Quran ke dalam sistem computer pada tahun 1969 dan 1970, yang diteruskan dengan menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris pada awal 70-an. dia tertantang untuk memperoleh jawaban dalam menjelaskan inisial pada beberapa surah dalam Al-Quran (seperti Alif Lam Mim) yang sering diberi penjelasan “hanya Allah yang mengetahui maknanya”. Dengan tantangan ini, dia memulai riset secara mendalam pada inisial-inisial tersebut setelah memasukkan teks Al-Quran ke dalam sistem computer, dengan tujuan utama mencari pola matematis yang mungkin akan menjelaskan pentingnya inisial-inisial tersebut. Setelah beberapa tahun melakukan riset, Dr. Khalifa mempublikasikan temuan-temuan pertamanya dalam sebuah buku berjudul “MIRACLE OF THE QURAN : Significance of the Mysterious Alphabet” pada Oktober 1973., bertepatan dengan Ramadhan 1393

Sementara itu Angka yang sering keluar daalam alquran adalah angka 19

Dalam Al Qur’an. Keistimewaan angka 19 di dalam Al Qur’an ini, di antaranya:
1. Kata bismillahirrahmanirrahim, yang merupakan kata pembuka dari surah Al Qur’an terdiri dari 19 huruf.
2. Paket wahyu pertama (QS. Al Alaq (96) ayat 1—5), diturunkan sebanyak 76 huruf atau 19 x 4.
3. Ayat pertama kali turun, (QS. Al Alaq ayat 1), terdiri dari 19 huruf.
4. Jumlah surah Al Qur’an ada 114 atau 19 x 6.

Angka 19 inilah yang menjadi alat kontrol huruf di dalam Al Qur’an, sehingga Al Qur’an terpelihara dari perubahan yang dilakukan oleh orang tak bertanggung jawab. Tidak akan pernah sedikitpun meleset dari hitung-hitungan, anda bisa bandingkan dengan kitab suci lain. perhatikan bagaimana Angka 19 dalam mengontrol Al Qur’an:

Surah ke-68, yang diawali huruf nun. Jumlah nun dalam surah tersebut 133 atau 19 x 7.
Surah ke-36, yang diawali huruf ya sin, memiliki huruf ya sebanyak 237 dan huruf sin 48. Bila dijumlahkan mejadi 285 atau 19 x 15.

Surat ke-13, yang diawali huruf alif lam mim ra’, di mana jumlah alif = 605, lam = 480, mim = 260 dan ra’ = 137, total keempat huruf tersebut 1482 atau 19 x 78.

Sebagian besar ahli tafsir menafsirkan 19 sebagai jumlah malaikat. Menurut Dr. Rashad Khalifa, menafsirkan bilangan 19 sebagai jumlah malaikat adalah tidak tepat. Bagaimana mungkin jumlah malaikat dapat dijadikan untuk cobaan bagi orang-orang kafir (QS. Al Muddassir ayat 30—31).

“Di atasnya ada sembilan belas (malaikat penjaga). Dan Kami jadikan penjaga neraka itu hanya dari malaikat, dan Kami menentukan bilangan mereka itu hanya sebagai cobaan bagi orang-orang kafir, agar orang-orang yang diberi kitab menjadi yakin, agar orang yang beriman bertambah imannya, agar orang-orang yang diberi kitab dan orang-orang mukmin itu tidak ragu-ragu, dan agar orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit dan orang-orang kafir (berkata), ‘Apakah yang dikehendaki Allah dengan (bilangan) ini sebagai suatu perumpamaan?’ Demikianlah Allah membiarkan sesat orang-orang yang dia kehendaki dan memberi petunjuk kepada orang-orang yang dia kehendaki. Dan tidak ada yang mengetahui bala tentara Tuhanmu kecuali dia sendiri. dan Saqar itu tidak lain hanyalah peringatan kepada manusia.”

Selain penjelasan di atas, dalam beberapa kejadian di alam ini dan juga dalam kehidupan kita sehari-hari, ada yang mengacu kepada bilangan 19, di antaranya sebagai berikut:

Bumi, matahari dan bulan berada pada posisi yang relatif sama setiap 19 tahun.
Komet Halley mengunjungi sistem tata surya kita pada setiap 76 tahun (19 x 4).
Tubuh manusia memiliki 209 tulang atau 19 x 11.Selain berhubungan dengan kejadian di alam, bilangan 19 juga berkaitan dengan ibadah umat Islam, seperti:

Sholat, jumlah rakaat pada shalat Subuh, Dhuhur, Ashar, Maghrib dan Isya’ masing-masing adalah 2, 4, 4, 3, dan 4 rakaat. Jika jumlah rakaat tersebut disusun menjadi sebuah angka 24434 merupakan bilangan kelipatan 19 atau 19 x 1286.

Di abad modern pun banyak orang-orang yang memang ingin mengubah isi alqur’an akan tetapi sampai detik ini alquran masih asli dari pertama diturunkan karena alquran adalah tuntunan dan mukjizat terbesar yang di ciptakan Allah kepada Umat Muhammad Umat akhir jaman!

SUBHANALLAH….

ALHAMDULILLAH…

WA LAA ILAAHA ILLALLAAH…

TIPS N TRICK BLACKBERRY

1. Cek BlackBerry Locked or Unlocked.
– Buka Options – Advanced Options – Sim Card – ketik “MEPD”.
– Nanti bakal muncul tuh baris2 baru.
– Nah BlackBerry yang udah unlocked, bakal berstatus “Disabled” semua.
2. Cek BlackBerry kena IT Policy ato gak … New or Second?
– Buka Options > Status > ketik “BUYR”
– Perhatikan baris “Data Usage” en “Voice Usage”.
– Kalo kena IT Policy, tulisannya bakal ada “IT Policy”.
– Kalo gak kena IT Policy, tulisannya bakal menunjukkan jumlah pemakaian si BlackBerry.
– Kalo New harusnya sih 0 semua, tp angka ini bisa direset koq ternyata.
3. Akses Informasi PIN > IMEI > VendorID > FreeMem > Versi OS > etc.
Dari Menu Icon, bisa pencet tombol “ALT” > “NUM / Aa / Cap” > “H” bersamaan
Atau bisa ke Options > Status.
4. Restart BlackBerry kalau Hang.
Pencet tombol “ALT” > “Cap / Aa yang sebelah Kanan” > “DEL” bersamaan
5. Memory BlackBerry mulai menipis.
– Bisa restart BB pake cara no. 4.
– Tapi kl mau lebih fresh banget, cabut baterai BB selama 3 menitan, trus pasang lagi.
6. Setting Alert untuk masing2 email / SMS / YM / Facebook, dll.
– Pilih icon “Profiles”, scroll ke bawah banget sampe ketemu “Advanced” diklik, pilih Profile yang mau diedit.
– Contoh: Messages [Yahoo].
– Perhatikan bagian atas “Out of Holster” mau dibikin apa ? None / Vibrate / Tone / Vibrate + Tone
Maksudnya kl henpon lg gak disimpen di Holster/Pouch … nantinya mo gimana alert buat si Yahoo.
– Abis itu Pilih jenis Ringtone nya.
– Nah jangan lupa ATUR bagian Volume, jangan sampe udah pilih Tone, tapi Volumenya masih Mute, sama aja BoDonk.
– Nah abis itu bisa atur bagian “In Holster”, maksudnya selama di Pouch/Holster, alertnya mo kayak gimana.
Biasanya sih Kalo Out Of Holster cuman bunyi tanpa getar en volume Low / Medium > nah bagian In Holster nya ta’ bikin getar + Volume High.
Ingat Pengaturan ini per email Account ya!
7. Memisahkan SMS dengan Email.
– Buka icon “Messages”.
– klik Menu en Pilih Options > General Options.
– Perhatikan bagian “SMS and email Inboxes” pilih Separate
8. Menampilkan Inbox lebih menarik.
– Buka icon “Messages”.
– klik Menu en pilih Options > General Options
– display Order “Name, Subject”.
– display Message Header On “2 lines”.
– Separators “Stripes”.
– Keep Messages “15 days” > Biar irit memory.
9. Shortcut bernavigasi di email.
– “N” – untuk next email (berurutan).
– “P” – untuk previous email (berurutan).
– “U” – untuk next unread email (bakal nyari kl udah diujung akhir en msh ada sisa).
10. Shortcut bernavigasi di content email or Browser.
– “T” untuk ke paling atas (TOP).
– “B” untuk ke paling bawah (BOTTOM).
– [space] untuk scroll ke bawah … mirip page down.
– [shift/num/Aa kiri] + [space] untuk scroll ke atas atau page up.
– menampilkan menu pilihan di browser, tekan tombol [alt].
– memilih menu terkadang [space], [enter] atau tekan scroll wheel / ball nya.
11. Apabila dibilang ada email / Message yang belum dibaca, pdhl dicari2 udah gak ada ato diapus … coba buka di Folder Saved Messages, Kalo misalkan masih gak ketemu juga, coba restart Blackberry nya (tips no 4).
12. Umur batere Blackberry tergantung oleh:
– kekuatan sinyal operator, makin bagus dan stabil … berarti makin irit
– traffic data yg lewat … makin banyak makin cepet abis
– setting alert di henpon … semakin minim, semakin irit, antara lain:
* vibrate … bikin lebih boros
* volume … semakin kecil, semakin irit
* led indikator … gak terlalu ngefek tapi kl dimatiin bisa lebih irit
– setting brightness tampilan, semakin terang semakin boros
– aktivitas kita dalam memainkan si BlackBerry, semakin sering kita ngetik dan mengoperasikan BlackBerry, baterai akan makin kesedot abis. Akan berasa lebih awet umurnya, jika BlackBerry kita biarkan standby saja selama berjam2.
13. Beberapa Icon email tidak Muncul
Kemungkinan hal ini disebabkan BlackBerry baru saja di wipe atau install ulang atau diupgrade.
Cara mengembalikannya ? Login ke web http://operator.blackberry.com … lalu pilih “Service Books” … lalu klik tombol “Send Service Books”
Tunggu beberapa saat … nanti icon2 email itu akan kembali
14. Problem Koneksi
Perhatikan tulisan GPRS / EDGE / GSM pada layar BlackBerry yang biasa nya sebelahan dengan indikator sinyal… huruf besar kecil ada artinya.
GSM: artinya BlackBerry baru bisa digunakan sebagai BlackBerry saja, call dan SMS.
gprs / edge (huruf kecil): artinya BlackBerry sudah mendapatkan sinyal untuk data (gprs/edge) tetapi belum dapat digunakan sebagai koneksi data BlackBerry.
GPRS / EDGE (huruf besar): artinya BlackBerry sudah dapat digunakan sebagai mana mustinya.
15. Men-Setting Agar Bisa Langsung Call Tanpa +62 dulu, alias bisa 021 xxx atau 08 xxxx

Pencet tombol hijau untuk dial, lalu klik Menu > pilih Options > pilih Smart dialing > lalu ke Country Code dan pilih “+62″

Buah Tomat dan Khasiatnya

"tomat"

buah tomat

Tanaman herbal buah tomat dan khasiatnya. Kamu tentu kenal semuanya pada jenis buah yang satu ini, bukan? Karena tomat sering dipakai sebagai bumbu masak, pencuci mulut sehabis makan, dan bahan saus.

Buah tomat (Salanum Iycopersicum) yang belum masak hijau warnanya dan yang sudah masak berwarna merah mengkilat buah tomat tumbuh berkumpul-kumpul menjadikan rangkaian karena buahnya berat, tumbuhan tomat harus kita tumpu dengan sepotong kayu, jika tidak ditumpu, tumbuhan tomat akan rebah dan buahnya busuk.

Didalam tomat itu terdapat butir-butir kecil, butir-butir itu ialah biji-biji tomat, biji-biji itu dapat kita semaikan dan

akan diperoleh tumbuhan tomat baru. Disebelah luarnya akan kulit biji yang kuat sekali, kulit itu tidak dapat dicerna. Diantara daging biji-biji dan kulit buah terdapat daging buah yang merah inilah yang kita makan. Daging buah tomat menyehatkan, baik untuk anak maupun orang dewasa, karena banyak mengandung vitamin C.

Tomat berdaun majemuk, daunnya berbulu, biasanya disebut bulu-bulu kelenjar. Hewan tidak mau menyentuh daun tomat, karena bau aroma baunya kurang enak dicium. Bunga tomat berwarna hijau tua, dan bentuknya seperti bintang.

Menurut sebuah penelitian di Amerika, olahan dari tomat mampu merendahkan penyakit kanker Prostat. Selain kanker prostat, tomat juga mampu menurunkan resiko serangan jantung, kanker payudara dan pankreas. Tomat juga mampu mengurangi resiko terjadinya bercak-bercak kulit karena usia.

Sebagai antioksida dan yang berdaya kerja tinggi, tomat juga dimanfaatkan dalam dunia kecantikan yaitu sebagai bahan masker wajah yang andal, masker tomat telah teruji dalam merawat wajah, khususnya bagi mereka yang memiliki pori-pori besar dan berminyak. Bahkan menurut beberapa ahli, buah tomat bisa sebagai obat herbal diare, serangan empedu, gangguan pencernaan, mencegah kolera, serta memulihkan fungsi liver.

Tomat juga mengandung zat tomatin yang bersifat anti inflamasi (anti radang) sehingga dapat menyembuhkan radang pada jerawat, luka, borok, wasir, usus buntu hingga radang saluran pencernaan.

Sumber  :  Buku Tanaman Obat

KUNYIT DAN KHASIATNYA

Tanaman herbal kunyit dan khasiatnya. Kunyit (Curcuma domestica) adalah sejenis umbi-umbian yang sering dipakai sebagai bumbu masak, dan digunakan pula dalam pengobatn tradisional. Ada beberapa nama untuk tumbuhan berkhasiat obat ini, misalnya ” Koneng” (Jawa barat), “Kunir” (Jawa Tengah), “Kunit” (Kalimantan) dan “Kurlai” (Maluku).

Kunyit adalah tumbuhan berbatang basah yang terdapat diseluruh Indonesia. Tumbuh liar dihutan maupun ditanam dipekarangan atau ladang. Tumbuhan ini selain terdapat di Indonesia, juga tersebar di Asia bagian Selatan, Cina Selatan, Taiwan, sampai Filipina.

Kunyit termasuk suku ” Zingi beraceae” atau jahe-jahean dengan batang berwarna semu hijau atau keunguan. Bunganya majemuk berwarna merah/merah muda. Kunyit membentuk akar rimpang berbentuk lonjong, kulitnya kuning kecoklatan, umbinya kuning kemerahan atau kuning tua.

Kunyit tergolong umbi-umbian yang paling mudah ditanam. Untuk bibitnya berupa potongan akar rimpang yang ditanam ditanah gembur. Menanamnya pada musim hujan agar tidak banyak menyiram, karena kalau terlalu banyak air dapat mengakibatkan akar rimpang menjadi busuk.

Kunyit mulai dipanen rimpangnya, jika batang dan daunnya telah menguning dan kemudian mengering ( 7 8 bulan setelah ditanam), jika pohon kunyit tadi rimpangnya telah dipanen, sebagian akar rimpang sisakan dan timbun kembali dengan tanah. Sehingga bila musim hujan tiba rimpang akan bertunas dan tumbuh menjadi tanaman baru.

Berikut adalah beberapa khasiat tanaman herbal kunyit  :

Rimpang kunyit secara umum mengandung minyak atsiri, zat damar, dan pati serta tanin. Dengan kandungan senyawa-senyawa tersebut tidak heran kalau kunyit memiliki kemampuan berkhasiat obat untuk  :

Untuk obat penyakit cacar, obat luka, eksim kudis, sampai ke obat telinga bernanah (ottorrhoca) juga godokan rimpangnya bisa dijadikan ” in haler” dalam bentuk uap yang dapat menyembuhkan radang selaput hidung, flu, atau penyumbatan lubang hidung.

Air godokan kunyit dapat memperlancar aliran air seni, obat diare, serta penambah nafsu makan, juga untuk mengatasi gangguan penyakit mag, perut kembung sampai kehipertensi (Tekanan darah tinggi).

Sebagai pengawet makanan. Tukang pindang menambahkan larutan rimpang kunyit pada ikan yang diolah agar tahan lama dan tidak membusuk.

Sebagai penghalus kulit. Para wanita dan putra-putri solo selalu rutin meminum kunyit asam untuk menjaga kesehatan dan kehalusan kulit.

Sebagai obat herbal radang gusi, asma, bangkak-bangkak, encok, sakit perut dan disentri.

Untuk memerlancar keluarnya ASI. Kunyit yang masih muda baik dimakan oleh ibu-ibu yang sedang menyusui, sehingga ASI bisa keluar dengan lancar.

Sumber  :  Buku Tanaman Obat