Buah Tomat dan Khasiatnya

"tomat"

buah tomat

Tanaman herbal buah tomat dan khasiatnya. Kamu tentu kenal semuanya pada jenis buah yang satu ini, bukan? Karena tomat sering dipakai sebagai bumbu masak, pencuci mulut sehabis makan, dan bahan saus.

Buah tomat (Salanum Iycopersicum) yang belum masak hijau warnanya dan yang sudah masak berwarna merah mengkilat buah tomat tumbuh berkumpul-kumpul menjadikan rangkaian karena buahnya berat, tumbuhan tomat harus kita tumpu dengan sepotong kayu, jika tidak ditumpu, tumbuhan tomat akan rebah dan buahnya busuk.

Didalam tomat itu terdapat butir-butir kecil, butir-butir itu ialah biji-biji tomat, biji-biji itu dapat kita semaikan dan

akan diperoleh tumbuhan tomat baru. Disebelah luarnya akan kulit biji yang kuat sekali, kulit itu tidak dapat dicerna. Diantara daging biji-biji dan kulit buah terdapat daging buah yang merah inilah yang kita makan. Daging buah tomat menyehatkan, baik untuk anak maupun orang dewasa, karena banyak mengandung vitamin C.

Tomat berdaun majemuk, daunnya berbulu, biasanya disebut bulu-bulu kelenjar. Hewan tidak mau menyentuh daun tomat, karena bau aroma baunya kurang enak dicium. Bunga tomat berwarna hijau tua, dan bentuknya seperti bintang.

Menurut sebuah penelitian di Amerika, olahan dari tomat mampu merendahkan penyakit kanker Prostat. Selain kanker prostat, tomat juga mampu menurunkan resiko serangan jantung, kanker payudara dan pankreas. Tomat juga mampu mengurangi resiko terjadinya bercak-bercak kulit karena usia.

Sebagai antioksida dan yang berdaya kerja tinggi, tomat juga dimanfaatkan dalam dunia kecantikan yaitu sebagai bahan masker wajah yang andal, masker tomat telah teruji dalam merawat wajah, khususnya bagi mereka yang memiliki pori-pori besar dan berminyak. Bahkan menurut beberapa ahli, buah tomat bisa sebagai obat herbal diare, serangan empedu, gangguan pencernaan, mencegah kolera, serta memulihkan fungsi liver.

Tomat juga mengandung zat tomatin yang bersifat anti inflamasi (anti radang) sehingga dapat menyembuhkan radang pada jerawat, luka, borok, wasir, usus buntu hingga radang saluran pencernaan.

Sumber  :  Buku Tanaman Obat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: