KUNYIT DAN KHASIATNYA

Tanaman herbal kunyit dan khasiatnya. Kunyit (Curcuma domestica) adalah sejenis umbi-umbian yang sering dipakai sebagai bumbu masak, dan digunakan pula dalam pengobatn tradisional. Ada beberapa nama untuk tumbuhan berkhasiat obat ini, misalnya ” Koneng” (Jawa barat), “Kunir” (Jawa Tengah), “Kunit” (Kalimantan) dan “Kurlai” (Maluku).

Kunyit adalah tumbuhan berbatang basah yang terdapat diseluruh Indonesia. Tumbuh liar dihutan maupun ditanam dipekarangan atau ladang. Tumbuhan ini selain terdapat di Indonesia, juga tersebar di Asia bagian Selatan, Cina Selatan, Taiwan, sampai Filipina.

Kunyit termasuk suku ” Zingi beraceae” atau jahe-jahean dengan batang berwarna semu hijau atau keunguan. Bunganya majemuk berwarna merah/merah muda. Kunyit membentuk akar rimpang berbentuk lonjong, kulitnya kuning kecoklatan, umbinya kuning kemerahan atau kuning tua.

Kunyit tergolong umbi-umbian yang paling mudah ditanam. Untuk bibitnya berupa potongan akar rimpang yang ditanam ditanah gembur. Menanamnya pada musim hujan agar tidak banyak menyiram, karena kalau terlalu banyak air dapat mengakibatkan akar rimpang menjadi busuk.

Kunyit mulai dipanen rimpangnya, jika batang dan daunnya telah menguning dan kemudian mengering ( 7 8 bulan setelah ditanam), jika pohon kunyit tadi rimpangnya telah dipanen, sebagian akar rimpang sisakan dan timbun kembali dengan tanah. Sehingga bila musim hujan tiba rimpang akan bertunas dan tumbuh menjadi tanaman baru.

Berikut adalah beberapa khasiat tanaman herbal kunyit  :

Rimpang kunyit secara umum mengandung minyak atsiri, zat damar, dan pati serta tanin. Dengan kandungan senyawa-senyawa tersebut tidak heran kalau kunyit memiliki kemampuan berkhasiat obat untuk  :

Untuk obat penyakit cacar, obat luka, eksim kudis, sampai ke obat telinga bernanah (ottorrhoca) juga godokan rimpangnya bisa dijadikan ” in haler” dalam bentuk uap yang dapat menyembuhkan radang selaput hidung, flu, atau penyumbatan lubang hidung.

Air godokan kunyit dapat memperlancar aliran air seni, obat diare, serta penambah nafsu makan, juga untuk mengatasi gangguan penyakit mag, perut kembung sampai kehipertensi (Tekanan darah tinggi).

Sebagai pengawet makanan. Tukang pindang menambahkan larutan rimpang kunyit pada ikan yang diolah agar tahan lama dan tidak membusuk.

Sebagai penghalus kulit. Para wanita dan putra-putri solo selalu rutin meminum kunyit asam untuk menjaga kesehatan dan kehalusan kulit.

Sebagai obat herbal radang gusi, asma, bangkak-bangkak, encok, sakit perut dan disentri.

Untuk memerlancar keluarnya ASI. Kunyit yang masih muda baik dimakan oleh ibu-ibu yang sedang menyusui, sehingga ASI bisa keluar dengan lancar.

Sumber  :  Buku Tanaman Obat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: